Sabtu, 26 Februari 2011

Chlorofluorocarbon ( CFC )


Chlorofluorocarbon ( CFC )

Sebuah chlorofluorocarbon (CFC) adalah senyawa organik yang mengandung karbon, klorin, dan fluorin, diproduksi sebagai turunan volatile metana dan etana. Sebuah subclass umum adalah hydrochlorofluorocarbons (HCFC), yang berisi hidrogen, juga. Mereka juga umumnya dikenal dengan nama dagang Freon DuPont. Wakil yang paling umum adalah dichlorodifluoromethane (R-12 atau Freon-12). Banyak CFC telah banyak digunakan sebagai pendingin, propelan (dalam aplikasi aerosol), dan pelarut. Pembuatan senyawa tersebut sedang dihapus oleh Protokol Montreal karena mereka berkontribusi pada penipisan ozon.




Struktur, sifat, produksi
Artikel utama: kimia Organofluorine


Seperti pada alkana sederhana, karbon di CFC dan HCFC adalah tetrahedral. Karena atom fluorin dan klorin sangat berbeda dalam ukuran dari hidrogen dan satu sama lain, metana berasal CFC menyimpang dari simetri tetrahedral sempurna. [1]

Sifat fisik CFC dan HCFC yang merdu oleh perubahan jumlah dan identitas atom halogen. Pada umumnya mereka adalah volatile, tetapi kurang daripada alkana induk. Gejolak penurunan dikaitkan dengan polaritas molekul yang disebabkan oleh halida dan polarisabilitas halida, yang mendorong interaksi antarmolekul. Dengan demikian, metana mendidih pada -161 ° C sedangkan mendidih fluoromethanes antara -51,7 (CF2H2) dan -128 ° C (CF4). Para CFC memiliki titik didih masih lebih tinggi karena klorida bahkan lebih terpolarisasi dari fluoride. Karena polaritas mereka, CFC adalah pelarut berguna. Para CFC jauh lebih mudah terbakar dari metana, sebagian karena mengandung lebih sedikit ikatan CH dan sebagian karena, dalam kasus klorida dan bromida, halida dirilis memadamkan radikal bebas yang mempertahankan api.

Kerapatan CFC yang selalu lebih tinggi dari alkana yang sesuai. Secara umum kepadatan senyawa ini berkorelasi dengan jumlah klorida.

CFC dan HCFC biasanya dihasilkan oleh pertukaran halogen mulai dari methanes diklorinasi dan ethanes. Ilustrasi adalah sintesis chlorodifluoromethane dari kloroform:

    HCCl3 2 HF → HCF2Cl 2 HCl

Derivatif brominasi dihasilkan oleh reaksi-reaksi radikal bebas dari chlorofluorocarbon, menggantikan obligasi CH dengan ikatan C-Br. Produksi dari trifluoroethane 2-bromo-2-kloro-1 ,1,1-anestesi ("halotan") adalah ilustrasi:

    CF3CH2Cl HBr Br2 → CF3CHBrCl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar